TIM REDAKSI JAKARTABEAT PERIODE 2017 - 2018

Prys Pry

Pry S Pry

Redaktur Umum

Nosa Normanda

Nosa Normanda

Redaktur Politik & Budaya

Dias Novita Wuri

Dias Novita Wuri

Redaksi Sastra & Seni

Diluncurkan pada Januari 2009 dan dimaksudkan untuk menjadi media dengan tulisan-tulisan mengenai musik, buku, film, politik, serta esai-esai humaniora. Jakartabeat bermula dari sebuah blog tentang kisah-kisah perburuan piringan hitam Berburu Vinyl yang berjalan sejak tahun 2008.

Di tahun 2011 menggelar Jakartabeat Music Writing Contest. Tujuannya menangkap lanskap perkembangan terkini di dunia musik tanah air sekaligus memancing keluar penulis-penulis dengan perspektif alternatif tentang kritik musik dan jurnalisme musik di Indonesia.

Di tahun yang sama menerbitkan buku Like This: Kumpulan Tulisan Terbaik 2009 sampai 2010 dengan berbagai topik, seperti musik, politik dan esai-esai humaniora setebal 460 halaman yang dijual secara online dengan metode print on demand. Penerbitan buku ini juga memancing diskusi/ bedah buku secara viral dan swadaya di berbagai kota mulai dari Jakarta, Bandung, hingga Malang. Kontributor-kontributor daerah yang awalnya hanya dikenal via online, jadi berkesempatan untuk tatap langsung.

Pertengahan tahun 2012 mulai membuka keanggotaan (membership) yang diharapkan bisa menjadi wahana interaksi baik secara online maupun offline antara redaksi, kontributor dan pembaca sebagai sesama member.

Akhir 2013, Jakartabeat bertranformasi menjadi situs direktori dengan fitur pencarian konten berdasarkan kata kunci dan topik yang diberi tagar (hashtag: #) serta kanal sebagai kumpulan tagar dalam jenis kategori naskah tertentu, yakni naskah berita, resensi, wawancara, feature, kolom. dan prosa. Fitur ini dapat berguna bagi pengunjung untuk menggali arsip-arsip lama dan baru berdasarkan topik yang hendak ditelusuri.

KONTRIBUTOR SENIOR

Philips Vermonte (founder), Taufiq Rahman (co-founder), Yus Arianto, Idhar Resmadi, Asep Kurniawan, Yopi Fetrian, Nova Riyanti Yusuf, Ari Perdana, Akhmad Sahal, Samack, Nuran Wibisono, Fathun Karib, Arman Dhani, Anwar Holid, Donny Anggoro, Dewi K. Michellia, Bayu Adji P, Tiar Renas Y.